-->

Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Sabtu, 11 Juli 2015

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV


Contoh surat lamaran kerja dan CV yang baik dan benar harus sesuai dengan standar dasar penulisan surat surat resmi, yaitu harus disusun dengan struktur yang lengkap dan urut. Selain itu, surat lamaran kerja dan CV juga harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa yang benar serta telah menggunakan ejaan yang disempurnakan.

Jangan sampai anda membuat surat lamaran kerja dan CV dengan bahasa yang tidak baku, seperti layaknya anda menulis sms atau status di jejaring sosial. Hal tersebut akan membuat tim reviewer dari perusahaan atau instansi tidak akan berminat untuk membaca surat lamaran anda beserta CV.
Dalam contoh surat lamaran kerja dan CV yang benar selalu memuat bagian bagian yang menjadi inti utama dari surat lamaran kerja dan CV tersebut. Seperti dalam surat lamaran kerja tentu akan ada bagian lead atau kepala surat, pembuka surat, isi surat, dan penutup surat. Semuanya bagian harus memiliki porsi yang proporsional, jangan sampai dibuat terlalu bertele tele ataupun terlalu singkat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV

Lead atau kepala surat pada surat lamaran kerja berisi alamat tujuan surat tersebut ditujukan kepada siapa. Misalnya kepada HRD PT bla bla bla. Tulislah dengan benar dan jelas, jangan sampai anda salah membuat tujuan surat. Kemudian dalam bagian pembuka, anda bisa menuliskan salam hormat dan memperkenalkan diri anda secara singkat.

Lalu pada bagian isi surat, langsung saja anda menyampaikan maksud anda menulis surat tersebut untuk melamar posisi tertentu pada perusahaan. Tuliskan posisi yang ingin anda lamar dengan jelas, jangan sampai anda membuat bingung tim reviewer dengan tidak menuliskan posisi yang jelas pada bagian isi surat lamaran anda.

Surat Lamaran Kerja Dan CV

Semarang, 24 Agustus 2015
Hal  : Lamaran Pekerjaan Yth. HRD PT. CIPTA
Lampiran :  7  Lembar GEMILANG
di tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Surat Kabar Harian Suara Merdeka tanggal 22 Agustus 2015 terkait Lowongan Pekerjaan di PT Cipta Gemilang, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Tika Rahmawati
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 17 April 1993
Umur : 22 tahun
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen
No. Telepon : 085725007140
Alamat Rumah : Jl Karya Pramuka No 24 Banyumanik, Semarang.
Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Staf Administrasi. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut,
1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4X6 – 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diproses untuk mengikuti rangkaian seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Tika Rahmawati, S.E.


Bagian yang terakhir adalah penutup. Buatlah penutup dengan menulis harapan anda yang besar untuk dapat diterima dan akhiri dengan ucapan terima kasih. Lalu bubuhkan tanda tangan dan juga nama terang anda di akhir surat. Sedangkan untuk pembuatan CV, anda harus menuliskan segala sesuatu yang menunjukkan informasi kelebihan anda dengan lengkap dan detail. Tulis saja segala sesuatu yang pernah anda lakukan, dan jangan menulis kebohongan. Demikian contoh surat lamaran kerja dan CV yang dapat anda jadikan acuan.
Facebook Twitter Google+