Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Senin, 09 Mei 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Baik dan Benar


Contoh surat lamaran kerja umum adalah contoh surat lamaran kerja paling dasar yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Bagi anda para fresh graduated, maka mempelajari cara cara membuat surat lamaran kerja secara umum adalah suatu kewajiban. Sebab, biasanya para lulusan baru yang belum berpengalaman senang memasukkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan.
Sebenarnya, setiap perusahaan pasti memiliki kriteria tersendiri dalam menyeleksi surat lamaran yang masuk. Setiap perusahaan memiliki standar terhadap surat lamaran yang seperti apa yang sekiranya akan tetap terus di proses. Sehingga, hal tersebut mengharuskan anda untuk mempelajari tipe tipe perusahaan sebelum anda memasukkan surat lamaran kerja ke sana.

Nah, bagaimana cara untuk mempelajari tipe tipe perusahaan? Dan bagaimana cara untuk mengetahui surat lamaran kerja yang seperti apa yang akan terus diproses perusahaan? Anda harus ingat bahwa dunia tidak sesempit daun kelor. Ada banyak jalan menuju roma, sehingga untuk sekadar jalan menuju sebuah perusahaan saja tentu juga ada banyak.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Begini, sekarang kan akses internet sudah tidak terbatas lagi. Di dalam berbagai website pasti banyak dibahas terkait tipe tipe suatu perusahaan. Pastinya banyak juga orang yang suka memposting pengalamannya saat memasukkan surat lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan. Dari situlah anda dapat belajar untuk tidak hanya berpacu pada contoh surat lamaran kerja umum saja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Boyolali, 24 Agustus 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan Yth. HRD PT. BROTHERS Tbk
Lampiran : 8 Lembar di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Isneni Zulkarnain
Tempat, Tanggal Lahir : Boyolali, 19 Juli 1995
Umur : 20 tahun
Pendidikan Terakhir : SMK Akuntansi
No. Telepon : 085-009-111-101
Alamat Rumah : Kedungbumi RT.09/RW.01, Wates, Sambi, Boyolali
Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Operator Produksi. Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut,
1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4X6 – 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat,  saya sangat berharap dapat diproses untuk mengikuti rangkaian seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Isnaeni Zulkarnain

Apalagi jika anda adalah seorang fresh graduated yang sama sekali tidak memiliki pengalaman kerja, di situ anda hanya bisa menawarkan diri anda lewat isi surat lamaran kerja dan resume anda saja, tidak ada nilai lebih yang dapat anda berikan lewat surat keterangan pengalaman kerja. Jadi, jika surat lamaran kerja yang anda buat hanyalah surat lamaran kerja yang seperti pada umumnya, maka apakah anda masih yakin kalau orang orang HRD itu mau melirik anda?

Nah, cobalah untuk berpikir lebih luas lagi. Saat ada perusahaan yang membuka lowongan, anda bukanlah satu satunya orang yang memasukkan lamaran, pasti di luaran sana juga banyak yang mengajukan permohonan yang sama dengan anda, bahkan bisa jadi banyak yang sudah sangat berpengalaman. Jadi, jika anda hanya menggunakan contoh surat lamaran kerja umum, jangan berharap terlalu besar untuk dapat diterima.
Facebook Twitter Google+