-->

Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Senin, 18 April 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Bisa


Bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencari pekerjaan seharusnya bukan menjadi perkara yang sulit untuk dilakukan, sebab para siswa dan siswi SMK memang dididik dengan berbagai macam kompetensi keahlian supaya cepat terserap di dunia kerja. Menulis contoh surat lamaran kerja lulusan SMK pun sudah harus menjadi kemampuan yang paling mendasar.

Kelebihan SMK dibandingkan dengan SMA terletak pada kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja yang terkenal berat. Tidak seperti dunia anak sekolahan. Sejak awal murid SMK memang telah diajarkan dengan berbagai macam keahlian yang bermanfaat untuk dunia kerja. Sedangkan murid SMA memang diarahkan untuk berorientasi pada bisang keilmuan. Mereka kelak diarahkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK

Namun, perbedaan tersebut tidak lantas membuat murid SMK harus langsung bekerja setelah lulus, tidak bisa kuliah, atau mengharuskan semua murid SMA harus lanjut kuliah, tidak boleh bekarja, tidak demikian. Murid SMK tetap bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi, begitu juga murid SMA juga bisa langsung bekerja. Semua kembali kepada individu masing masing.

Namun, jika ingin bekerja, murit SMK dinilai jauh lebih siap dibandingkan dengan murid SMA, sebab mereka telah menguasai berbagai keahlian yang memang selama beberapa 3 atau 4 tahun terakhir diajarkan di bangku sekolah. Sehingga dengan membuat contoh surat lamaran kerja lulusan SMK yang baik saja, akan membuat kesempatan mereka dapat diterima diperusahaan akan lebih besar.

Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK

Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 Lembar
Kepada Yth. Bp./Ibu Kepala Staf Personalia PT Karya Bakti Surakarta
di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Ellani Mayangsari
Tempat, Tanggal Lahir : Sukoharjo, 14 Februari 1994
Umur : 21 tahun
Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Administrasi Perkantoran
No. Telepon : 081-211-241-171
Alamat Rumah : Sukodadi Gang 14 RT 5 RW 1, Weru, Sukoharjo
Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di PT Karya Bakti Surakarta sebagai Staf Administrasi. Saya telah berpenmgalaman sebagai staf administrasi di PT Karya Bangsa Sukoharjo selama 2 tahun. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas administrasi sebagai berikut untuk melengkapi surat lamaran ini.
1. Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja – 1 lembar
8. Pas Photo 4X6 – 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat menjadi bagian dari karyawan PT Karya Bakti Surakarta, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.
Sukoharjo, 25 Agustus 2015
Hormat saya,
Ellani Mayangsari
Apalagi saat ini memang setiap tahun perusahaan perusahaan besar di Indonesia mengincar lulusan baru SMK untuk direkrut sebagai karyawan di perusahaan mereka. Sehingga hal tersebut semakin memperlebar peluang bagi murid SMK untuk dapat diserap sebagai tenaga kerja di perusahaan. Walaupun kebanyakan dari perusahaan itu menggunakan sistem kontrak kerja pada karyawannya, namun tetap saja hal itu menjadi sebuah keuntungan bagi lulusan SMK.

Maka dari itu, untuk hal hal administratif seperti membuat contoh surat lamaran kerja lulusan SMK tidak menjadi masalah lagi. Bagi murid SMK yang terpenting adalah memiliki kompetensi keahlian yang mumpuni serta memiliki kondisi tubuh yang sehat, sehingga perusahaan perekrut bisa menerimanya menjadi karyawan.
Facebook Twitter Google+