-->

Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 06 September 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN Lengkap Terbaru 2017


Contoh surat lamaran kerja BUMN biasanya ditentukan oleh pihak penyelenggaran proses perekrutan tenaga kerja baru. Sehingga, antara perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang satu dengan yang lain memiliki kriteria tersendiri untuk penilaian terhadap surat lamaran kerja yang dibuat. Walaupun sebenarnya telah ada standar tersendiri di dalam tata cara penulisan surat lamaran kerja untuk lowongan BUMN.

Surat lamaran kerja antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain baik swasta, instansi pemerintahan, maupun BUMN sebenarnya sama saja. Kalaupun ada perusahaan tertentu yang mengatur tata cara penulisan surat lamaran kerja jika ingin melamar di perusahaan tersebut, sebenarnya intinya juga akan sama dengan surat lamaran kerja yang standar. Struktur dan tata bahasa yang digunakan pun tidak jauh berbeda.

Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN

Hal tersebut memang karena untuk melamar pekerjaan tidak hanya membutuhkan surat lamaran kerja yang sempurna saja, namun juga keahlian keahlian lain yang membuat nilai diri seseorang menjadi lebih menarik di mata orang lain. Menjadi seseorang yang unik dan memiliki banyak keunggulan jauh lebih dilirik daripada orang yang tak bisa apa apa namun membawa surat lamaran kerja yang sangat baik.

Sebab, untuk memiliki berbagai keahlian yang dapat diunggulkan seseorang telah melalui berbagai proses jungkir balik yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, sedangkan contoh surat lamaran kerja BUMN yang sempurna sekalipun bisa dibuat dalam waktu singkat. Tidak selama proses mendapatkan suatu keahlian.

Surat Lamaran Kerja BUMN

Semarang, 27 Agustus 2015
Lampiran :   Lembar
Kepada Yth. :
Kepala Perum Perhutani
di tempat
Perihal : LAMARAN PEGAWAI TETAP PERUM PERHUTANI PADA POSISI STAF ADMIN LEGAL TAHUN 2015.
Sehubungan dengan Pengumuman Seleksi Pegawai Tetap Perum Perhutani Tahun 2015 dan setelah kami pelajari dengan seksama pengumuman dan persyaratannya, dengan ini kami mengajukan lamaran administrasi untuk Staf Admin Legal.
Lamaran Administrasi ini sudah memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang tercantum dalam Dokumen Seleksi Pengadaan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
Sesuai dengan persyaratan, bersama Surat Lamaran ini kami lampirkan:
a) Surat lamaran administrasi
b) Surat pernyataan minat
c) Foto copy KTP yang masih berlaku;
d) Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
e) Foto copy ijazah dan transkrip nilai dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
f) Asli Surat Keterangan Sehat dari dokter puskesmas;
g) Pas photo ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
h) Biodata/Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
i) Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000; yang menyatakan:
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
Tidak berkedudukan sebagai calon/Pegawai Negeri Sipil.
Bersedia bekerja full time dan bekerja shift.
Tidak sedang hamil selama masa kontrak
Bersedia diputus kontrak apabila terbukti melanggar aturan yang berlaku.
Bersedia diberikan sanksi secara hukum apabila syarat-syarat administrasi dan teknis yang disampaikan tidak benar/dipalsukan.
Dengan disampaikannya Surat Lamaran ini, maka kami menyatakan sanggup dan akan tunduk pada semua ketentuan yang tercantum dalam Dokumen Pengadaan.
Hormat Kami,
Angga Saputra, S.H.

Para perekrut kerja dapat membaca segala perilaku manusia, mereka bisa tahu mana orang yang benar benar berkompeten, dan mana orang yang hanya mempelajari sesuatu secara instan. Apalagi dalam proses perekrutan tenaga kerja BUMN yang terkenal sangat ketat dengan banyaknya pesaing.
Tentu saja hal tersebut membuat pihak staf personalia perusahaan BUMN semakin jeli dalam memberikan penilaian terhadap seseorang.

Contoh surat lamaran kerja BUMN yang baik memang memiliki nilai yang positif, tapi pembuktian atas isi surat tersebut dalam wujud aksi nyata pun memiliki nilai cukup spektakuler. Jadilah diri anda manusia yang hebat, yang berani untuk beraksi dengan segala keahlian yang dimiliki.
Facebook Twitter Google+