-->

Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 03 Januari 2017

Contoh Surat Lamaran Dosen Universitas Negeri/Swasta Terbaru 2017


Berikut ini adalah contoh surat lamaran dosen yang bisa anda pergunakan untuk melamar menjadi dosen. Bagi anda lulusan minimal magister atau s2, menjadi dosen adalah sebuah kesempatan yang sangat luar biasa. Jika memang ada sebuah lowongan untuk menjadi dosen dan anda termasuk dalam kualifikasi yang dibutuhkan, maka sudah selayaknya anda turut mendaftarkan diri dengan menggunakan contoh surat lamaran berikut ini.

Menjadi dosen memang bukan hal yang mudah, sebab tidak semua orang bisa menjadi dosen. Hanya mereka yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi saja yang mampu menjadi dosen. Biasanya kualifikasi untuk menjadi dosen minimal harus berpendidikan magister atau S2. Maka dari itu, sangat sedikit sekali orang yang bisa menjadi dosen.

surat lamaran kerja dosen

Bahkan, mereka yang telah berpendidikan sampai ke jenjang S2 pun masih harus melewati berbagai macam tahapan yang tidak bisa dikatakan mudah untuk bisa menjadi seorang dosen. Hal tersebut tak lepas dari tanggung jawab pekerjaan seorang dosen yang juga tidak gampang untuk dilakukan, dosen bertanggung jawab untuk mengajar mahasiswa, yang notabene mereka adalah para pemuda yang memiliki pemikiran pemikiran yang amat dinamis.

Contoh Surat Lamaran Dosen

Berikut ini contoh surat lamaran dosen yang bisa anda gunakan untuk melamar menjadi dosen jika kualifikasi minimal anda telah terpenuhi. Jangan sampai anda ditolak hanya karena anda salah membuat surat lamaran, padahal anda telah memiliki kualifikasi yang sangat pas. Sungguh jika hal tersebut terjadi anda pasti akan menyesalinya seumur hidup.

Bandung, 1 Februari 2017
Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Dosen
Lampiran: 7 buah
Kepada YTH
Rektor Universitas Merbabu
Di Bandung
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya peroleh dari website resmi Universitas Merbabu yang Bapak/Ibu pimpin saat ini membutuhkan tenaga pengajar atau Dosen Proyek Aplikasi Teknik Informatika. Maka dari itu, saya bermaksud mendaftarkan diri. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan data pribadi saya:
Nama : Bayu Purnomo
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 17 Mei 1985
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pendidikan : M.Kom dengan IPK 3.70
No Telepon : 17800007656
Sebagai bahan pertimbangan berikut ini saya lampirkan persyratan yang dibutuhkan:
  • Foto Copy KTP
  • Foto Copy Ijasah Terakhir
  • Foto Copy Transkip Nilai
  • SKCK
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto 3x4 (3 lembar)
Saya akan sangat bangga apabila dapat menjadi Dosen di Universitas yang Bapak/Ibu pimpin, karena yang saya ketahui Universitas Merbabu adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.
Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya untuk dapat diterima di Universitas Merbabu. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
(Bayu Purnomo)

Contoh di atas bisa saja anda edit sesuai dengan keinginan anda. Dan yang lebih penting adalah surat lamaran yang anda buat tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pergiruan tinggi yang sedang membuka lowongan dosen. Sebab biasanya tiap tiap perguruan tinggi memiliki persyaratan administratif tersendiri.

Contoh surat lamaran dosen yang disebutkan di atas bukanlah surat lamaran yang benar benar saklek untuk ditiru, sebab pada beberapa institusi sudah mempersiapkan format tersendiri. Anda harus mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh institusi yang menyelenggarakan rekrutmen tersebut.
Facebook Twitter Google+