Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Senin, 16 November 2015

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Sederhana


Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar dapat anda pergunakan untuk mengajukan permohonan kerja ke suatu perusahaan yang ingin anda masuki. Sebab, sebagian besar staf personalia dalam sebuah perusahaan memberikan penilaian awal kepada anda dari isi surat alamaran kerja yang anda tulis.

Sehingga walaupun orang orang di bagian HRD perusahaan belum bertemu dengan anda sama sekai, mereka sebenarnya sudah bisa menilai sifat dan karakter anda dari surat surat atau dokumen dokumen yang telah terlebih dahulu anda kirimkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Apalagi jika anda menuliskan surat dan dokumen anda tersebut dengan tulisan tangan anda sendiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Orang orang di bagian perekrutan pegawai atau karyawan baru di sebuah perusahaan telah dipilih berdasarkan berbagai kompetensi. Mereka adalah orang orang yang telah banyak memakan asam garam, sehingga untuk sekadar menilai karakter seseorang dari surat lamaran kerja adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Dengan demikian, berarti anda perlu membuat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk dikirimkan ke setiap perusahaan yang anda tuju.

Sebenarnya, semua surat lamaran kerja yang ditulis sesuai dengan prosedur penulisan surat lamaran kerja merupakan surat lamaran yang baik dan benar. Namun, kadang kala anda juga perlu membuat surat lamaran kerja yang berbeda lain daripada yang lain. Hal tersebut untuk menarik perhatian dari orang orang yang bertugas untuk menyeleksi dokumen dokumen anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Semarang, 24 Agustus 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan  Yth. HRD PT. INTER FINANCE
Lampiran : 8 Lembar di Jl Raya Kebon No 510 Semarang
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Andi Setiawan, S.Kom.
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 17 April 1993
Umur : 22 tahun
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
No. Telepon : 085725007140
Alamat Rumah : Wonorejo, Sukamakmur, Banyumanik, Semarang.
Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Staf Marketing. Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut,
1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4X6 – 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat,  saya sangat berharap dapat diproses untuk mengikuti rangkaian seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Andi Setiawan, S.Kom.

Anda harus tahu, bahwa dalam sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan pastinya akan mendapatkan banyak sekali kiriman surat dari para pelamar. Hal tersebut berarti surat lamaran yang anda kirim akan bersaing dengan ratusan bahkan hingga ribuan surat lamaran yang lain. Jadi, surat lamaran kerja yang baik dan benar saja belum tentu mampu menarik simpati para staf personalia.

Jika anda ingin diterima di perusahaan tersebut, selain telah memenuhi kualifikasi anda juga harus menjadi seseorang yang unik dan menarik, sehingga anda bisa mendapatkan perhatian khusus dari para perekrut. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan menulis surat lamaran kerja yang berbeda dari biasanya. Namun, anda juga tetap harus berpedoman pada contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar supaya anda tidak di cap sebagai orang yang cari perhatian (caper).
Facebook Twitter Google+